KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI KALISAMPURNO III SIDOARJO

Zuhroh, Aminatuz (2023) KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI KALISAMPURNO III SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of AMINATUZZUHROH_42419011_PGSD_KEMAMPUAN LITERAS - Amie Zuhro.pdf] Text
AMINATUZZUHROH_42419011_PGSD_KEMAMPUAN LITERAS - Amie Zuhro.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasari dengan ditemukannya kegiatan GLS yang masih rendah. Rendahnya GLS ini ada karena kurangnya motivasi membaca siswa serta sedikitnya siswa yang mengunjungi perpustakaan guna meminjam buku dan tidak adanya jadwal khusus kegiatan literasi. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan literasi baca-tulis siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan format analisis dokumen, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Kalisampurno III. Teknik analisi data menggunakan rumus persentase dengan penyajian data memberi kode pada soal-soal tesk literasi baca-tulis siswa, dan ada tujuh kode teks. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 50 siswa kelas IV SD Negeri Kalisampurno III yang menjadi sampel penelitian, sebanyak 39 siswa atau 78% siswa berada dalam kategori rendah, serta sebanyak 11 siswa atau 22% siswa berada dalam kategori
sedang. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan literasi baca�tulis siswa kelas IV berada dalam kategori rendah dengan persentase 48%. Oleh karena itu, peneliti menyarankan implementasi GLS 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum pembelajaran dimulai guna meningkatkan minat baca siswa.
========================================================================================================================
This research is based on the discovery of low GLS activity. This low GLS is due to the lack of motivation to read students and the few students who visit the library to borrow books and there is no special schedule for literacy activities. This study uses a descriptive design with a qualitative approach. This study uses a descriptive design with a qualitative approach. The purpose of this study is to describe students' literacy skills. Data collection techniques in this study used documentation analysis format, with the research subject being fourth grade students at SD Negeri Kalisampurno III. The data analysis technique uses the percentage formula by presenting the data giving codes to the students' reading-writing literacy test questions, and there are seven text codes. The results of this study indicate that as many as 50 grade IV students of SD Negeri Kalisampurno III were the research sample, there was 78% of students are in the low category, and 22% of students are
in the medium category. Therefore, it can be concluded that the level of literacy ability of grade IV students is in the low category with a percentage of 48%.Therefore, the researcher suggests implementing GLS 15 minutes reading non�lesson books before learning begins to increase students' interest in reading.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tingkat kemampuan, literasi, literasi baca-tulis Ability Level, Literacy, Read-Writing Literacy
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:24
Last Modified: 28 Feb 2024 01:30
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item
View Item