PENGEMBANGAN MEDIA SURAT GANTUNG LITERASI (SATU TAS) UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS 1 SDN SUKOREJO

Henri’s, Aliefia Nur Dzakiyah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA SURAT GANTUNG LITERASI (SATU TAS) UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS 1 SDN SUKOREJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of AliefiaNurD.H_42419009_pgsd_PengembanganMediaSuratGantungLiterasi(SatuTas)UntukKeterampilanMembacaPer - Aliefia Nur.pdf] Text
AliefiaNurD.H_42419009_pgsd_PengembanganMediaSuratGantungLiterasi(SatuTas)UntukKeterampilanMembacaPer - Aliefia Nur.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran surat gantung literasi (satu tas) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan sehingga mampu menumbuhkan pemahaman tentang sukukata dan bisa membantu pendidik dalam proses pembelajaran agar lebih interaktif. Pengembangan media ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan pada 31 Mei 2023. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa lembar validasi, angket respon siswa dan guru kelas 1B. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi media, materi, serta angket respon siswa dan guru. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis metode skala dengan modifikasi skala Likert. Hasil penelitian ini berupa produk yaitu media pembelajaran surat gantung literasi (satu tas). Data penelitian ini diperoleh dari hasil validasi oleh ahli materi serta ahli media sedangkan uji coba terbatas peserta didik kelas 1B SDN Sukorejo yang telah mempelajari materi keterampila membaca permulaan. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran surat gantung literasi (satu tas) yang
dikembangkan mendapatkan rata-rata persentase sebesar 85,5% (baik) sedangkan dari ahli media 94% (sangat baik). Sehingga rata-rata secara keseluruhan hasil penilaian media pembelajaran surat gantung literasi (satu tas) oleh para ahli sebesar 4,48 dengan kategori 89.8% (baik). Media pembelajaran surat gantung literasi (satu tas) yang dikembangkan ini mendapat respon sangat baik dari peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon siswa sebesar 88,24% (sangat baik) sedangkan respon guru sebesar
100% (sangat baik). Berdasarkan hasil validasi dari para ahli dan hasil angket respon siswa beserta guru diperoleh produk berupa media pembelajaran surat gantung literasi (satu tas) sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
========================================================================================================================
The development of learning media for literacy hanging letters (one bag) aims to improve beginner reading skills so that they are able to foster an understanding of syllables and can help educators in the learning process to make it more interactive. The development of this media is included in development research using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely: analyze, design, development, implementation, and evaluation. This research was conducted on May 31, 2023. The data collection instruments used were validation sheets, student and teacher response questionnaires for class 1B. Data collection uses media validation sheets, materials, and student and teacher response questionnaires. Data were analyzed using the analytical technique of the scale method with a modified Likert scale. The results of this study are in the form of a product, namely learning media literacy hanging letters (one bag). The research data was obtained from the results of validation by material experts and media experts while the limited trial was for class 1B students at SDN Sukorejo who had studied the material for beginning reading skills. The results of the validation by material experts showed that the learning media for literacy hanging letters (one bag) that was developed obtained an average percentage of 4.28 (very feasible) while from media experts it was 4.67 (very feasible). So that the overall average result of the assessment of literacy hanging letter learning media (one bag) by experts is 4.48 with a very decent category. The developed literacy hanging letter learning media (one bag) received a very good response from students. This can be seen from the average student response of 88.24% (very good) while the teacher's response is 100% (very good). Based on the results of the validation from the experts and the results of the student and teacher response questionnaires, a product in the form of literacy hanging learning media (one bag) was obtained which was very valid for use in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, ADDIE, Surat gantung literasi (satu tas) Learning media, ADDIE, Letters hanging literacy (one bag)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:06
Last Modified: 28 Feb 2024 01:29
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item
View Item