IMPLEMENTASI METODE GASING (GAMPANG, ASYIK, DAN MENYENANGKAN) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK PADA OPERASI PEMBAGIAN DI KELAS IV SDN MAGERSARI SIDOARJO

Andini, Aisyah Putri (2023) IMPLEMENTASI METODE GASING (GAMPANG, ASYIK, DAN MENYENANGKAN) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK PADA OPERASI PEMBAGIAN DI KELAS IV SDN MAGERSARI SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of AISYAH_42419005_PGSD_IMPLEMENTASI METODE GASING - Aisyah Putri Andini.pdf] Text
AISYAH_42419005_PGSD_IMPLEMENTASI METODE GASING - Aisyah Putri Andini.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Untuk mendapatkan perkembangan kognitif, psikomotorik, dan afektif maka manusia perlu dididik melalui pendidikan dengan mempelajari disiplin ilmu. Salah satu disiplin ilmu yang harus dipelajari adalah matematika. Dalam pengajaran matematika, banyak pendidik yang menggunakan metode kurang tepat sehingga menyebabkan peserta didik kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, pembelajaran matematika dianggap membingungkan, sulit, dan membosankan oleh peserta didik. Hal tersebut mempengaruhi kemampuan berhitung peserta didik. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode gasing. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pembelajaran implementasi metode gasing terhadap kemampuan berhitung pada operasi pembagian, serta mendeskripsikan pengaruh implementasi metode gasing terhadap kemampuan berhitung pada operasi pembagian di kelas IV SDN Magersari
Sidoarjo. Jenis penelitian ini yaitu One Group Pretest Posttest Design. Subjek dari penelitian ini adalah kelas IV A SDN Magersari Sidoarjo Tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 45 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penilitian ini yakni observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode gasing dapat mempengaruhi proses pembelajaran dimana peserta didik mengikuti pembelajaran dengan baik. Hasil uji N-Gain menunjukkan perhitungan sebesar 0,499. Hasil tersebut termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode gasing dapat mempengaruhi proses pembelajaran, dan kemampuan berhitung peserta didik pada operasi pembagian di kelas IV SDN Magersari Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Gasing, Kemampuan Berhitung, Operasi Pembagian. Gasing Method, Numeracy Ability, Division Operation.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:41
Last Modified: 27 Feb 2024 08:45
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item
View Item