PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LINGKUNGAN BERSIH (LingSih) BERBASIS ANDROID PADA TEMA 6 UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SDN DUKUH TENGAH SIDOARJO

Hamdani, Achmad Rofi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LINGKUNGAN BERSIH (LingSih) BERBASIS ANDROID PADA TEMA 6 UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SDN DUKUH TENGAH SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Achmad Rofi' Hamdani D24180063 PGSD Pengembangan Media Pembelajaran Lingkungan Bersih Berbasis Android Untuk Kelas 1 SDN Dukuh Tengah - Achmad Rofi Hamdani.pdf] Text
Achmad Rofi' Hamdani D24180063 PGSD Pengembangan Media Pembelajaran Lingkungan Bersih Berbasis Android Untuk Kelas 1 SDN Dukuh Tengah - Achmad Rofi Hamdani.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran lingkungan bersih berbasis Android pada tema 6 untuk kelas 1 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Obyek penelitian ini adalah
mengembangkan media pembelajaran lingkungan bersih berbasis Android. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara dan angket validasi. Wawancara dalam penelitian ini adalah interview ke guru kelas. Sedangkan angket validasi dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi materi dan lembar angket validasi produk. Peneliti menggunakan tahapan-tahapan penelitian
pengembangan menurut model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap implementasi (Implementation) saja, peneliti tidak sampai pada tahap evaluasi (Evaluation), karena peneliti hanya fokus pada nilai-nilai perubahan dalam kurun waktu tertentu dan nantinya penelitian ini dapat digunakan untuk menghasilkan produk baru dalam proses pengembangan lainnya. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari validator menunjukkan bahwa nilai validasi yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 84% termasuk dalam kategori “sangat layak”. Sedangkan hasil validasi media yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 85,7% termasuk dalam kategori “sangat layak” dimana ahli materi menyampaikan media yang digunakan telah sesuai
dengan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan indicator. Disisi lain siswa merasa nyaman dalam pembelajaran berbasis informasi teknologi sehingga anak akan terfokus dengan aplikasi belajar dimana anak akan berfikir kritis karena ada kuis di dalamnya.
========================================================================================================================
This study aims to develop Android-based clean environment learning media on theme 6 for grade 1 elementary school. This type of research is research and development. The object of this research is to develop Android-based clean
environmental learning media. Data collection techniques in this study were interviews and validation questionnaires. The interviews in this study were interviews with class teachers. While the validation questionnaire in this study was a material validation questionnaire sheet and a product validation questionnaire sheet. Researchers used the stages of development research according to the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) but in this study only reached the implementation stage, researchers did not reach the evaluation stage, because researchers only focused on on the values of changes within a certain period of time and later this research can be used to produce new products in other development processes. Based on the results of the validation obtained from the validator, it shows that the value of the validation carried out by the material expert gets an average value of 84%, included in the category "very feasible". While the results of media validation conducted by media experts get an average score of 85.7% included in the category of "very feasible" where material experts convey that the media used is in accordance with Core Competencies, Basic Competencies and indicators. On the other hand, students feel comfortable in learning based on information technology so that children will focus on learning applications where children will think critically because there are quizzes in it.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penelitian pengembangan, Android, media pembelajaran. Research development, Android, instructional media.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:30
Last Modified: 27 Feb 2024 08:44
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item
View Item