PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO

Umah, Nabilatul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of _NABILATUL UMAH_42419057_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO - 19C_16_ Nabilatul Umah.pdf] Text
_NABILATUL UMAH_42419057_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO - 19C_16_ Nabilatul Umah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi suhu dan kalor kelas V SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuntitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain penelitian One Group Preetest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sidoklumpuk tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 120 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas yaitu kelas VA, CB, VC, dan VD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VD yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang dipilih pada penelitian yaitu lembar tes dan lembar observasi. Hasil analisis data yang didapat dari uji Non-Parametrik dengan metode Wilcoxon menunjukkan nilai sig 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Role Playing dalam proses pembelajaran. Dan hasil perhitungan rata-rata nilai keaktifan siswa pada observasi ke-1 sebesar 70,88% sedangkan rata-rata nilai pada observasi ke-2 sebesar 78,45%. Hal tersebut menunnjukkan bahwa terdapat adanya peningkatan hasil antara observasi pertemuan ke-1 dan observasi pertemuan ke-2.
========================================================================================================================
This study aims to explain the effect of the Role Playing learning model on the activity and learning outcomes of students in the science subject on temperature and heat for class V SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. This research uses quantitative research with experimental methods using the One Group Pretest Posttest Design research design. The population in this study were all fifth grade students at SDN Sidoklumpuk for the 2022/2023 academic year, totaling 120 students which were divided into 4 classes namely VA, CB, VC, and VD classes. The sample in this study was VD class students, totaling 30 students as an experimental class. The instruments chosen in this study were test sheets and observation sheets. The results of data analysis obtained from the Non-Parametric test using the Wilcoxon method showed a sig 2 tailed value of 0.000 <0.05, so Ha was accepted, meaning that there was a significant difference in students' natural science learning outcomes after applying the Role Playing learning model in the learning process. And the results of calculating the average value of student activity in the 1st observation was 70.88% while the average value in the 2nd observation was 78.45%. This shows that there is an increase in results between the observation of the 1st meeting and the 2nd meeting of observations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran,role playing, keaktifan, hasil belajar learning models, role playing, activeness, learning outcomes
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:48
Last Modified: 27 Feb 2024 08:42
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item
View Item