PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK PADA KELAS IV SDN JERUK GAMPING

Rachmadhani, Viona (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK PADA KELAS IV SDN JERUK GAMPING. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Viona Rachmadhani_PGSD_42419081 - Viona Rachmadhani.pdf] Text
Viona Rachmadhani_PGSD_42419081 - Viona Rachmadhani.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang kubus dan balok pada kelas IV SDN Jeruk Gamping Krian. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental desain. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes. Tes tersebut dianalisis dengan uji-t, dan diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Talking Stick adalah pre test sebesar 55,7 dan pos test sebesar 80,83 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 60,7 dan postest sebesar 77,81. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung = 12,984 < -t(0,05;db=30-2=28) = 0,3061 dengan p-value = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah diberikan perlakuan. Nilai N Gain score sebesar 0,4568 dan 45.68% yang artinya kriteria peningkatan hasil belajar tergolong sedang dan dapat dikatakan berpengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang kubus dan balok pada kelas IV di SDN Jeruk Gamping.
========================================================================================================================
This study aims to identify the effect of using the talking stick learning model on student learning outcomes in the subject of Mathematics on the material of cubes and blocks in class IV SDN Jeruk Gamping Krian. This type of research is a quasi-experimental design. This study compared the group that received treatment (experimental class) and the group that did not receive treatment (control class). The data collection technique in this study was in the form of a test. The test was analyzed by t-test, and prerequisites were tested by normality test and homogeneity test. Statistical test results showed that the learning outcomes of students using the Talking Stick learning model were 55.7 in the pre-test and 80.83 in the post-test, while the 60.7 in the post-test and 77.81 in the conventional learning methods. The results of hypothesis testing obtained tcount = 12.984 < - t(0.05; db=30-2=28) = 0.3061 with p-value = 0.000 <0.05 then Ho is rejected, that there is an increase in learning outcomes after being given treatment . The N Gain
score is 0.4568 and 45.68%, which means that the criteria for increasing learning outcomes are classified as moderate and it can be said that the talking stick learning model has an effect on mathematics learning outcomes in the material of cubes and blocks in class IV at Jeruk Gamping Elementary School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model, pembelajaran talking stick, hasil belajar, bangun ruang. Model, talking stick learning, learning outcomes, building space.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:47
Last Modified: 29 Feb 2024 03:15
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item
View Item