Yahdillah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS V MI ANNAHDLIYIN BUDURAN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
YAHDILLAH_D24180030_PGSD_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS V MI ANNAHDLIYIN BUDURAN SIDOARJO - Yahdillah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Kreatifitas dalam mengajar sangat dibutuhkan dalam pembelajaran masa kini, untuk itu peneliti tertarik melakukan penelitian ini yang disebabkan oleh kurang optimalnya peserta didik dalam berpikir kritis pada saat pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap keterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas V. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperimental. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Annahdliyin yang terdiri dari 40 peserta didik, kelas V-A dengan jumlah 20 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas V-B dengan jumlah 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Data penelitian kemudian di uji prasyarat dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap keterampilan berpikir kritis. Hasil rata-rata nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen sebesar 55,4% dan 75,45% artinya terjadi kenaikan skor sebesar 20,05% sedangkan nilai pre-test dan post-test pada kelas kontrol 55,4% dan 65,15% artinya terjadi kenaikan skor sebesar 9,75%. Dan untuk pengujian hipotesis menggunakan
Paired Sample T-Test diperoleh hasil uji hipotesis output SPSS yaitu 0,027 dan 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model Make A Match terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik.
========================================================================================================================
Creativity in teaching is needed in today's learning, for this reason researchers are interested in conducting this research which is caused by students' less than optimal thinking in critical thinking when learning in class. This study aims to determine the effect of the Make A Match learning model on critical thinking skills in fifth grade students. The type of research used in this research is Quasy Experimental. The form of quasi-experimental design used is the Nonequivalent Control Group Design. The population in this study were students in class V MI An at MI Annahdliyin consisting of 40 students, class V-A with a total of 20 students as the control class and class V-B with a total of 20 students as the experimental class. The research data was then tested with prerequisites by means of a normality test, homogeneity test, and hypothesis testing to find out whether there is an effect of the Make A Match learning model on critical thinking skills. The average results of the pre-test and post-test scores in the experimental class were 55.4% and 75.45% meaning that there was an increase in score of 20,05% while the pre-test and post-test scores in the control class were 55.4% and 65.15%
means that there is an increase in score of 9,75%. And for testing the hypothesis using the Paired Sample T-Test, the results of the SPSS output hypothesis test were 0.027 and 0.000 < 0.05, which means that there is a significant influence between the Make A Match model on students' critical thinking skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make A Match, keterampilan berpikir kritis. Make A Match, critical thinking skills. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 04:57 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 03:14 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/215 |