Nisa’, Syiddatu Khoirun (2023) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN PERKALIAN BERBASIS METODE MONTESSORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SDN KETEGAN. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
Syiddatu Khoirun Nisa', 42419121, PGSD, Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Perkalian Montessori Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SDN Ketegan - choirun nisa.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Pada penelitian ini, peserta didik kelas III dalam proses pembelajaran matematika materi perkalian masih belum sepenuhnya memahami konsep perkalian, karena selama ini masih menggunakan media pembelajaran yang kurang inovatif seperti poster perkalian dan peserta didik masih mengandalkan hafalan perkalian untuk menyelesaikan soal matematika. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan alat peraga papan perkalian berbasis metode montessori. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga papan perkalian berbasis metode Montessori terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas III SDN Ketegan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen
yang berbentuk one grup pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Ketegan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta
didik. Data yang sudah diperoleh kemudian di uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya di uji normalitas sebagai teknik analisis data, dan uji t-test untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini hasil rata-rata nilai atau mean pada pretest sebesar 62,00. Sedangkan hasil rata-rata nilai pada posttest sebesar 79,47. Karena nilai rata-rata pada pretest 62,00 < 79,47, maka hal ini dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mempunyai perbedaan rata-rata dari pretest dan pottsest. Sedangkan uji t dalam penelitian ini yaitu nilai t sebesar 6,097 dan uji signifikan menunjukkan hasil 0,000 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini dapat diartikan bahwa adanya pengaruh penggunaan alat peraga papan perkalian berbasis metode Montessori terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas III SDN Ketegan.
========================================================================================================================
In this study, third grade students in the mathematics learning process of multiplication material still did not fully understand the concept of multiplication, because so far they still used less innovative learning media such as multiplication posters and students still relied on rote multiplication to solve math problems. Therefore, to overcome this problem, the researcher applied a multiplication board based on the Montessori method. The purpose of this study was to determine the effect of using a multiplication board based on the Montessori method on the
mathematics learning outcomes of third grade students at SDN Ketegan. This type of research is a quantitative research with a quasi-experimental method in the form of one group pretest-posttest. The subjects of this study were third grade students at SDN Ketegan. The data collection technique used is a test sheet that is used to determine differences in student learning outcomes. The data that has been obtained is then tested for validity and reliability. Furthermore, the normality test is used as a data analysis technique, and the t-test is used to test the hypothesis.
Based on the results of this study the average value or mean in the pretest was 62,00. While the average score on the posttest was 79.47. Because the average value in the pretest is 62,00 < 47,47, it can be concluded that this study has an
average difference from the pretest and pottest. While the t test in this study is the t value of 6.097 and the significant test shows the results of 0,000 < 0,05 with a
significance level of 5%. This can be interpreted that there is an effect of using multiplication board aids based on the Montessori method on the mathematics learning outcomes of class III students at SDN Ketegan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga Papan Perkalian, metode montessori , Hasil Belajar Matematika. Multiplication Board Teaching Aid, montessori method, Mathematics Learning Outcomes |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 04:13 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 03:11 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/210 |