Amaluddin, Muhammad Iqbal (2023) IMPLEMENTASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SIDOKLUMPUK KECAMATAN SIDOARJO KABUPATEN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
SKRIPSI_IQBAL_FIKS_2023_NEW - Moh. Abdul Rohman.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. Penelitian ini termasuk dalam metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teori yang dibangun berdasarkan data yang
diperoleh. Metode penelitian ini dimasukkan dalam kategori kualitatif yang dilihat dari aspek data dan analisisnya. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sasaran dalam penelitian ini yakni guru kelas V. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah peneliti ingin memberikan gambaran
terkait 1) persiapan Asesmen Kompetensi Minimum di SDN Sidoklumpuk, 2) pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di SDN Sidoklumpuk 3) faktor pendukung dan penghambat Asesmen Kompetensi Minimum di SDN Sidoklumpuk. Hasil penelitian implementasi Asesmen Kompetensi Minimum di SDN Sidoklumpuk
Sidoarjo menunjukkan bahwa: 1) persiapan AKM di SDN Sidoklumpuk sudah dikatakan siap, dengan mengikuti aturan dari pemerintah, mulai dari Sosialisasi, adanya pelatihan, adanya penunjang bagi guru dan siswa. 2) SDN Sidoklumpuk sudah melaksanakan AKM yang dapat diikuti oleh beberapa siswa dan ditentukan oleh Dinas Pendidikan. 3) Faktor pendukung dan penghambat AKM merujuk pada waktu antara persiapan AKM dan pelaksanaan AKM yang terlalu berdekatan, dan dari siswa itu sendiri yang kesulitan belajar dan juga dari segi infrastruktur teknologi yaitu jaringan internet yang kurang stabil.
========================================================================================================================
This study aims to describe the implementation of the Minimum Competency Assessment at SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. This research is included in the qualitative descriptive research method with a theory that is built based on the data obtained. This research method is included in the qualitative category in terms of data and analysis aspects. Sources of data in this study using primary and secondary data sources. Data collection techniques are carried out by observation, interviews, and documentation. The targets in this study were grade V teachers. The purpose of this research was that the researchers wanted to provide an overview regarding 1) the preparation of the Minimum Competency Assessment at SDN Sidoklumpuk, 2) the implementation of the Minimum Competency Assessment at SDN Sidoklumpuk 3) supporting and inhibiting factors for the Minimum Competency Assessment at SDN Sidoklumpuk . The results of research on the implementation of the Minimum
Competency Assessment at Sidoklumpuk Elementary School, Sidoarjo show that: 1) the preparation of AKM at Sidoklumpuk Elementary School is said to be ready, by following the rules from the government, starting from socialization, training, support for teachers and students. 2) SDN Sidoklumpuk has implemented AKM which can be attended by several students and determined by the Education Office. 3) Factors supporting and inhibiting AKM refer to the time between preparing for AKM and implementing AKM which is too close together, and from the students themselves having learning difficulties and also in terms of technological infrastructure, namely an unstable internet network.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Komentensi Minimum, Implementasi, Sekolah Dasar Minimum Commendation Assessment, Implementation, Elementary School |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 03:59 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 03:10 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/209 |