PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN HEWAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Ulya, Salwa Nadya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN HEWAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of SALWA NADYA ULYA_42419124_ PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN HEWAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR - Salwa Nadya.pdf] Text
SALWA NADYA ULYA_42419124_ PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN HEWAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR - Salwa Nadya.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang peneliti ini adalah kurang adanya pemanfaatan penggnaan media pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran IPA yang menyebabkan siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran karena ditemukan guru SDN Ketegan jarang menggunakan media pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan gambar yang ada di buku guru dan buku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flashcard pada pembelajaran IPA materi sistem pernapasan hewan peserta ddik kelas V SD/MI.
pengembangan media ini didasarkan pada model penelitian ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini adalah angket valdasi, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Tahap yang dilakukan peneliti
sampai lima tahap yaitu Analisis, Penembangan, Desain, Impementasi dan Evaluasi. Media yang dikembangkan Peneliti telah divalidasi oleh validator ahli media dengan skor 80% yang dikategorkan “Valid” dan sedangkan hasil validasi
oleh ahli materi mendapatkan total skor 74,2% yang dikategorikan “valid”. Hasil respon guru mendapatkan tingkat validitas dan kualitas “Sangat Layak” dengan total skor 100% sedangkan untuk hasil respon peserta didik mendapatkan 80,55% yang termasuk kategori “layak” dengan demikian media pembelajaran flashcard dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPA.
========================================================================================================================
The background of this researcher is the lack of utilization of the use of learning media, especially in science learning which causes students to be less motivated to take part in learning because it was found that Ketegan SDN teachers rarely used learning media, the teacher only used the lecture method and only used pictures in the teacher's book and books. student. This study aims to develop flashcard media in learning natural science material for the respiratory system of animals in class V SD/MI students. the development of this media is based on the ADDIE research model. Data collection techniques used in this research are validation questionnaires, teacher response questionnaires and student response questionnaires. The stages carried out by researchers up to five stages, namely Analysis, Development, Design, Implementation and Evaluation. The media developed by the researcher has been validated by a media expert validator with a score of 80% which is categorized as "Valid" and while the validation results by
material experts get a total score of 74.2% which is categorized as "valid". The results of the teacher's response get the level of validity and quality of "Very
Eligible" with a total score of 100% while for the results of the student's response get 80.55% which is included in the "decent" category, thus flashcard learning media is declared suitable for use in science learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Flashcard, IPA Learning Media, Flashcard, Science
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:14
Last Modified: 29 Feb 2024 02:37
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item
View Item