Ashriyah, Saadatul (2023) ANALISIS MODUL AJAR KELAS IV SD PENGGERAK BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 DI ERA MERDEKA BELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
SAADATUL ASHRIYAH_D24180057_PGSD_ANALISIS MODUL AJAR KELAS IV SD PENGGERAK BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 DI ERA MERDEKA BELAJAR - Saadatul Ashriyah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Abstract
Dengan adanya kebijakan pada era merdeka belajar yang diterapkan saat ini membuat banyak fenomena dan problematika baru yang bermunculan. Hal ini ditunjukkan dengan problematika tenaga pendidik yang mengalami kesulitan dalam
menyesuaikan dengan perubahan kebijakan dalam era merdeka belajar, terutama pada proses menyusun perangkat pembelajaran yakni modul ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan hasil analisis modul ajar yang dibuat dan dikembangkan oleh guru kelas IV SD Penggerak yang berbasis keterampilan abad 21. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa guru telah berhasil membuat dan mengembangkan modul ajar berbasis keterampilan abad 21 yakni 4C dengan berpedoman pada permendikbud No.16 tahun 2022, yang didalamnya komponen modul ajar berbasis keterampilan abad 21 terletak pada profil pelajar pancasila dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran.
========================================================================================================================
Policies implemented in the era of independent learning, many new phenomena and problems have emerged. This is evidenced by the problems of educators who have difficulty in adapting to the policy changes in the era of independent learning, especially in the process of compiling learning tools, namely teaching modules. This study aims to determine and explain the results of the analysis of the teaching
modules created and developed by teachers of grade IV SD Penggerak based on 21st century skills. By using data collection techniques of interviews, observation and documentation. Based on the results of research and discussion, it is concluded that teachers have successfully made and developed teaching modules based on 21st century skills, namely 4C, guided by Permendikbud No.16 of 2022, in which the components of teaching modules based on 21st century skills lie in the profile of Pancasila students and the steps of learning activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Ajar, Keterampilan Abad 21, SD Penggerak Teaching module, 21st century skills, SD Penggerak |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 06:19 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 02:35 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/193 |