Azaziyah, Jurrotul (2023) ANALISIS PERANAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI LEMAHPUTRO 1 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
MY SKRIPT JURROTUL AZAZIYAH - Jurrotul Azaziyah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peran guru dalam pengelolaan kelas IV di SDN Lemahputro 1 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi
sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran guru sebagai pengelola kelas mampu menyusun rancangan yang strategis untuk kegiatan pembelajaran. Dalam melaksanakan perannya sebagai demonstrator, guru mampu memperagakan apa
yang diajarkan secara terampil. Guru sebagai mediator dan fasilitator yang baik, artinya guru mampu menjadi penengah dan memberikan kemudahan dalam kegiatan belajar peserta didik. Guru sebagai evaluator, bahwa proses evaluasi dimaksudkan untuk mengamati hasil belajar peserta didik dan berupaya memperbaiki metode dalam mengajar. Guru sebagai motivator, yakni memberikan dorongan kepada peserta didik untuk membangkitkan semangat dalam belajar.
========================================================================================================================
This study aims to examine and describe the teacher's role in managing class IV at SDN Lemahputro 1 Sidoarjo. The type of research used is qualitative research with a descriptive research design. The collection of data used is observation,
interviews, and documentation. Data were analyzed through data reduction, data presentation and data verification. Checking the validity of the data was carried out by technical triangulation and source triangulation. The results of the study show that: The teacher's role as class manager is able to develop strategic designs for learning activities. In carrying out its role as a demonstrator, the teacher is able to demonstrate what is being taught skillfully. The teacher is a good mediator and facilitator, meaning that the teacher is able to mediate and provide convenience in the learning activities of students. Teachers as evaluators, that the evaluation process is intended to observe student learning outcomes and seek to improve methods in teaching. The teacher as a motivator, namely giving encouragement to students to arouse enthusiasm in learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, pengelolaan kelas Roles of teacher, classroom management |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 03:04 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 02:20 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/178 |