PENGEMBANGAN MEDIA PASIKA (PAPAN ISI MATEMATIKA) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB KELAS IV SEKOLAH DASAR

Silvana, Jaclyn (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PASIKA (PAPAN ISI MATEMATIKA) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of JACLYN SILVANA_D24180151_PGSD_Pengembangan Media PASIKA (Papan Isi Matematika) pada Pembelajaran Matematika Materi KPK dan FPB Kelas IV Sekolah Dasar - Jaclyn Silvana.pdf] Text
JACLYN SILVANA_D24180151_PGSD_Pengembangan Media PASIKA (Papan Isi Matematika) pada Pembelajaran Matematika Materi KPK dan FPB Kelas IV Sekolah Dasar - Jaclyn Silvana.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi kurangnya motivasi belajar pesera didik pada pembelajaran matematika pada peserta didik kelas IV sekolah dasar dikarenakan keterbatasan guru dalam menyediakan media pembelajaran yang inovatif sehingga peserta didik kurang mampu memahami penjelasan dari guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media pembelajaran PASIKA yang layak digunakan pada pembelajaran matematika materi KPK dan FPB pada kelas IV sekolah dasar. Media pembelajaran ini juga dapat membantu guru dalam menjelaskan dan memberikan pemahaman dengan mudah kepada peserta didik tentang cara menghitung KPK dan FPB. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran PASIKA divalidasikan kepada validator ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 91%, sedangkan untuk hasil validasi ahli media memperoleh persentase 82%. Penelitian dilaksanakan sampai pada tahap implementasi dan dilaksanakan di peserta didik kelas IV SDN Randegan Tanggulangin Sidoarjo serta guru kelas. Hasil respon guru kelas memperoleh persentase 80% dan hasil respon peserta didik memperoleh persentase 91%. Dengan demikian media pembelajaran PASIKA materi KPK dan FPB pada kelas IV di sekolah dasar layak digunakan dalam pembelajaran.
========================================================================================================================
The background of the research is the lack of student motivation in learning mathematics in fourth grade elementary school students due to the limitations of teachers in providing innovative learning media so that students are less able to understand the teacher's explanation. The purpose of the study was to develop
PASIKA learning media that were suitable for use in learning mathematics on KPK and FPB materials in grade IV elementary schools. This learning media can also help teachers in explaining and providing easy understanding to students about how to calculate KPK and GCF. This study uses the ADDIE development model which consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation, and
evaluation. PASIKA learning media is validated to validators of material experts and media experts. The results of the validation of the material experts obtained a percentage of 91%, while the results of the validation of the media experts obtained a percentage of 82%. The research was carried out to the implementation stage and was carried out in fourth grade students at SDN Randegan Tanggulangin Sidoarjo and classroom teachers. The results of the class teacher's response get a percentage of 80% and the results of the student's response get a percentage of 91%. Thus the
PASIKA learning media for KPK and FPB materials in grade IV in elementary schools is suitable for use in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, PASIKA, KPK dan FPB Learning media, PASIKA, KPK and FPB
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 31 Oct 2023 05:05
Last Modified: 29 Feb 2024 02:03
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item
View Item