Asadulloh (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SDN LEMAHPUTRO 1 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
Asadulloh_42419015_PGSD19_pengembangan media pembelajaran pop-up book pada materi daur hidup hewan kelas IV SDN Lemahputro 1 Sidoarjo - 19B_04_Asadulloh.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah yang ditemukan di SDN Lemahpuro 1 Sidoarjo yaitu kurangnya variasi media pembelajaran yang disebabkan oleh keterbatasan waktu yang dimiliki pendidik untuk membuat dan menyiapkan media pembelajaran. Permasalahan yang ada kemudian dikembangkan dengan media pembelajaran Pop-Up Book. Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama mendeskripsikan proses pembuatan media Pop-Up Book. Kedua Mendeskripsikan kelayakan media Pop-Up Book. Dan yang ketiga mendeskripsikan respon pendidik dan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall dengan menggunakan tujuh
langkah yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validas desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Produk divalidasi oleh dua ahli untuk diuji validasi media dan materi serta menggunakan angket respon pendidik serta peserta didik. Uji coba dilakukan dalam kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh 84% dengan kriteria sangat layak, ahli materi memperoleh 88% dengan kriteria sangat layak. Respon pendidik memperoleh 85,71% dengan kategori sangat baik, dan uji coba kelompok kecil di SDN Lemahputro 1 Sidoarjo memperoleh 96% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok besar SDN Lemahputro 1 Sidoarjo memperoleh 87,14% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Pop-Up Book pada materi daur hidup hewan kelas IV di SD yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
========================================================================================================================
This research is motivated by the problems found at SDN Lemahpuro 1 Sidoarjo, namely the lack of variety of learning media caused by the limited time educators have to make and prepare learning media. The problems that exist are then
developed with learning mediaPop-Up Book. The purpose of this study is first to describe the process of making mediaPop-Up Book. The second describes the feasibility of the mediaPop-Up Book. And the third describes the response of educators and students. This type of research isReseach and Development (R&D) uses the Borg and Gall development procedure using seven steps, namely potential problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing and product revision. The product was validated by two experts to be tested for media and material validation as well as using a response questionnaire from educators and students. The trials were carried out in small groups and large groups. The validation results by media experts obtained 84% with very feasible criteria, material experts obtained 88% with very feasible criteria. The teacher's response was 85.71% in the very good category, and the small group trial at SDN Lemahputro 1 Sidoarjo obtained 96% in the very good category, the large group tryout at SDN Lemahputro 1 Sidoarjo obtained 87.14% in the very good category. It was concluded that media-based learningPop-Up Book on the material life cycle of class IV animals in elementary school which is developed to be suitable for use as a learning medium.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Siklus hidup hewan, Pop-Up Book Development, Animal life cycle, Pop-Up Book |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 05:02 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 01:57 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/129 |