PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATERI LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS IV SD

Wibowo, Anggi Agnes (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATERI LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS IV SD. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of anggi agnes_41429012_PGSD_pengaruh model pembelajaran make a match terhadap penguasaan materi dan keaktifan belajar - Anggi Agnes.pdf] Text
anggi agnes_41429012_PGSD_pengaruh model pembelajaran make a match terhadap penguasaan materi dan keaktifan belajar - Anggi Agnes.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui “pengaruh signifikansi terhadap penguasaan materi dan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Banjarkemantren II Buduran dalam mata pelajaran matematika materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang”. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain one group pretest posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruk kelas IV SDN Banjarkemnatren II, dan sampel dalam penelitian ini adalaha siswa kelas IV B sebayak 20 siswa. Teknik pengampilan sampel ini dengan menggunakan random sampling. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, uji normalitas, uji t atau uji hipotesis, uji n gain dan uji keaktifan. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi dan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Banjarkemantren II Buduran. Dari hasil nilai rata-rata pretest sebesar 28,4% dan nilai rata-rata posttest sebesar 69,75%, sedangkan hasil rata nilai keaktifan yang menunjukkan pada saat diberikan model pembelajaran make a match sebesar 79,375% dan sebelum
diberikan model pembelajaran make a match sebesar 46,375%.
========================================================================================================================
The purpose of this study was to determine "the influence of significance on mastery of the material and the learning activeness of fourth grade students at SDN Banjarkemantren II Buduran in the mathematics subject matter of the area and
perimeter of squares and rectangles". The approach in this research is quantitative, with a one group pretest posttest design. The population in this study were all of the fourth graders of SDN Banjarkemnatren II, and the sample in this study were 20 students of class IVB. This sampling technique uses random sampling. As for data collection in this study using test sheets and observation sheets. The data analysis
techniques used in this study were normality test, t test or hypothesis test, n gain test and activeness test. The results of the study show the sig. (2-tailed) of 0.000 <0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted, that there is a significant influence on mastery of the material and learning activeness of fourth grade students at SDN Banjarkemantren II Buduran. From the results of the average pretest score of 28.4% and the average posttest value of 69.75%, while the average result of the activeness value which shows when given the make a match learning model is 79,375% and before being given the make a match learning model a match of 46,375%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: make a match, penguasaan materi, keaktifan belajar make a match, mastery of the material, active learning
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:43
Last Modified: 28 Feb 2024 01:37
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item
View Item